Selasa, 05 Maret 2013

Think Green

Saat ini sudah banyak pihak yang menyadari tentang kemasan plastik yang ramah lingkungan. Kebetulan lagi beberes dirumah, eh..ketemu beberapa kemasan plastik yang ternyata lebih cepat didaur ulang oleh alam daripada plastik yang lain. Ini dia beberapa diantaranya..










Ada pula plastik bekas minuman yang tak kalah banyak jumlahnya. Dan plastik bekas minuman itu juga tidak mudah diurai langsung oleh bumi. Namun di Indramayu dan Cirebon ada tempat pengolahan plastik bekas minuman tersebut sehingga bisa mengurangi sampah plastik dan sekalilgus membuka lapangan pekerjaan baru.
Tulisan berikut ini saya ambil dari poskotanews.com. Sebelum digiling ke dalam mesin penghancur, botol atau gelas plastik bekas minuman mineral itu harus terbebas dari label atau merk yang yang masih menempel. Sesudah botol atau gelas plastik bekas kemasan air mineral itu benar benar bersih, maka botol atau gelas plastik bekas kemasan air mineral itu digiling ke mesin daur ulang sehingga keluar sudah berbentuk potongan potongan kecil.
Agar tak tercampur dengan kotoran lain, serpihan plastik daur ulang itu dicuci lalu dijemur di bawah sinar matahari yang panas.
Serpihan plastik daur ulang yang sudah dikering dimasukkan ke dalan karung plastik dan ditimbang. Harga jual per Kg mencapai Rp7 ribu.



0 komentar:

Posting Komentar